PELAKSANAAN KEBIJAKAN OTONOMI DAERAH DALAM BIDANG PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.33506/jq.v12i1.2238Abstrak
Keterkaitan antara kebijakan otonomi daerah dengan Otonomi bidang pendidikan sangat signifikan. Otonomi yang diberikan kepada daerah dalam bidang pendidikan memberikan kebebasan bagi daerah untuk melakukan perubahan yang menjamin keunggulan dalam pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan secara komprehensif pelaksanaan otonomi daerah dalam bidang Pendidikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kajian literatur dengan cara mengumpulkan informasi dari sumber-sumber pustaka, membaca, mencatat, serta mengelola bahan secara kritis dan analitis yang berkaitan dengan penelitian. Dalam hal ini, Otonomi pendidikan tentunya harus mendapat dukungan yang signifikan dari sejumlah kelompok, termasuk semua aspek yang mencakup dalam pengelolaan lembaga pendidikan untuk membantu peserta didik mengembangkan kemampuan, pengetahuan, dan sikap yang diperlukan agar dapat berkontribusi pada masyarakat luas. Beberapa unsur yang menghambat dalam implementasi suatu kebijakan, yaitu penafsiran yang menimbulkan perselisihan antar individu karena kurangnya dukungan sumber daya, khususnya sumber daya manusia dan sumber daya non-manusia serta pemahaman masyarakat belum memadai dalam sistem sosialisasi berjenjang yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan.

Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The article copyright is owned by the author and Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.