PELAKSANAAN KEBIJAKAN OTONOMI DAERAH DALAM BIDANG PENDIDIKAN

Penulis

  • Durotun Nasihah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Anis Fauzi
  • Abdul Muin

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v12i1.2238

Abstrak

Keterkaitan antara kebijakan otonomi daerah dengan Otonomi bidang pendidikan sangat signifikan. Otonomi yang diberikan kepada daerah dalam bidang pendidikan memberikan kebebasan bagi daerah untuk melakukan perubahan yang menjamin keunggulan dalam pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan secara komprehensif pelaksanaan otonomi daerah dalam bidang Pendidikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kajian literatur dengan cara mengumpulkan informasi dari sumber-sumber pustaka, membaca, mencatat, serta mengelola bahan secara kritis dan analitis yang berkaitan dengan penelitian. Dalam hal ini, Otonomi pendidikan tentunya harus mendapat dukungan yang signifikan dari sejumlah kelompok, termasuk semua aspek yang mencakup dalam pengelolaan lembaga pendidikan untuk membantu peserta didik mengembangkan kemampuan, pengetahuan, dan sikap yang diperlukan agar dapat berkontribusi pada masyarakat luas. Beberapa unsur yang menghambat dalam implementasi suatu kebijakan, yaitu penafsiran yang menimbulkan perselisihan antar individu karena kurangnya dukungan sumber daya, khususnya sumber daya manusia dan sumber daya non-manusia serta pemahaman masyarakat belum memadai dalam sistem sosialisasi berjenjang yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan.

Diterbitkan

2023-06-07

Cara Mengutip

Durotun Nasihah, Anis Fauzi, & Abdul Muin. (2023). PELAKSANAAN KEBIJAKAN OTONOMI DAERAH DALAM BIDANG PENDIDIKAN. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(1), 19–27. https://doi.org/10.33506/jq.v12i1.2238

Terbitan

Bagian

Articles