ANALISIS KESULITAN SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN PENJUMLAHAN BERSUSUN

Authors

  • Faisal Eka Mahendra Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Regina Phricilia Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Zakiyah Anwar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Fitria Sulistyowati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Lismawati Rumalean Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jme.v3i1.4029

Keywords:

Analisis Kesulitan, Matematika SD, Penjumlahan Bersusun

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis dan mengidentifikasi bentuk-bentuk kesulitan yang dialami siswa kelas III SD Negeri 27 Kota Sorong dalam menyelesaikan soal penjumlahan bersusun. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar tes dan observasi terhadap 25 siswa. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa kesalahan siswa dapat diklasifikasikan ke dalam lima kategori, yaitu: kesalahan dalam memahami konsep (20%), kesalahan dalam memahami soal (32%), kesalahan pada tahap transformasi proses (16%), kesalahan keterampilan proses (12%), serta kesalahan dalam penulisan jawaban akhir (20%). Kesalahan dalam memahami soal merupakan yang paling dominan, sedangkan kesalahan keterampilan proses memiliki persentase terendah. Faktor utama penyebab kesulitan meliputi kurangnya pemahaman konsep dasar, ketidaktelitian, serta lemahnya keterampilan berhitung. Untuk mengatasi masalah ini, disarankan penggunaan media pembelajaran visual, latihan bertahap, dan penguatan konsep dasar melalui pendekatan yang lebih interaktif. Pendekatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa dan mengurangi kesalahan dalam menyelesaikan penjumlahan bersusun.

References

Amaliyah, A., Uyun, N., Fitri, R. D., & Rahmawati, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri. Jurnal Sosial Teknologi, 2(7), 654–659. https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v2i7.377

Azka, C., & Ruli, R. M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Phi Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 8. https://doi.org/10.33087/phi.v6i1.181

Dewi, N. K., Untu, Z., & Dimpudus, A. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas VII. Primatika Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 61–70. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i2.217

Mahendra, F. E., Sundari, S., Eregua, E. E., Setyo, A. A., Rusani, I., & Trisnawati, N. F. (2023). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(4), 540-545.

Falah, H., Agustiani, N., & Nurcahyono, N. A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP Berdasarkan Motivasi Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Peka, 5(1), 8–17. https://doi.org/10.37150/jp.v5i1.1253

Indah, N., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 24–34. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.981

Kalauw, S., Sundari, Ahmad, R. E., & Mardiah, A. (2024). ANALISIS KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PERKALIAN BERSUSUN SDN 35 KOTA SORONG. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 2(2), 124–131. https://doi.org/10.33506/jme.v2i2.4007

Mufidah, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaian Soal Matematika Ditinjau Dari Tingkat Berpikir Kreatif. Jp2m (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 5(1), 13. https://doi.org/10.29100/jp2m.v5i1.1732

Musa’ad, F., Musa’ad, F., Setyo, A. A., Sundari, S., & Trisnawati, N. F. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Geogebra untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 278-286.

Nailia, V., Setiawan, D., & Purbasari, I. (2023). Studi Analisis Kesulitan Penyelesaian Soal Cerita Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2595–2602. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1878

Nasiruudin, F. A., & Hayati, H. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Makassar. Klasikal Journal of Education Language Teaching and Science, 1(2), 23–31. https://doi.org/10.52208/klasikal.v1i2.31

Nisa, Y. K. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1685–1693. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5486

Oktaviana, D., Newman, K. K., & Diskrit, M. (2017). Analisis tipe kesalahan berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada mata kuliah matematika diskrit. 5(2), 22–32.

Setyawan, A. (2020). Analisis kesulitan belajar matematika siswa kelas i sdn banyuajuh 9. 1.

Payapo, F., Anwar, Z., & Sijabat, J. P. (2024). ANALISIS PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN BERSUSUN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS 3 DI SD NEGERI 5 DOOM. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 2(2), 132–139. https://doi.org/10.33506/jme.v2i2.4008

Pratiwi, M., Budiman, M. A., & Cahyadi, F. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas v Sd Negeri Cepagan 01 Batang. Js (Jurnal Sekolah), 4(3), 267. https://doi.org/10.24114/js.v4i3.18940

Pratiwi, P. D. R., Trisnawati, N. F., & Rusani, I. (2024). PENGARUH METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERKALIAN BILANGAN 6-9 DI KELAS V SD. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 2(2), 140-150.

Rosanti, A., Tahir, M., Maulyda, M. A., Guru, P., Dasar, S., & Mataram, F. U. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Pengurangan Pada Kelas II di SDN 3 Pringgajurang Penjumlahan. September.

Rumasoreng, M. I., & Sugiman, S. (2014). Analisis Kesulitan Matematika Siswa Sma/Ma Dalam Menyelesaikan Soal Setara Un Di Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 22. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2661

Saputra, H. H., Nur, A., & Rosydah, K. (2021). MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN ANALYSIS OF LEARNING DIFFICULTY ON STUDENTS OF GRADE II. 2(02), 17–26.

Setyo, A. A., Layn, R., & Trisnawati, N. F. (2022). Efektivitas Pembelajaran Geometri Analitik Memanfaatkan Bahan Ajar Digital Multimodal. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 98-105.

Sulistyowati, F., Hartanti, S., Widodo, S. A., & Putrianti, F. G. (2022). Critical Thinking Skills in Phlegmatic Students Using Learning Videos. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 8(2), 119-133.

Sundari, S., Rusani, I., Musa'ad, F., Setyo, A. A., & Trisnawati, N. F. (2024). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ENTERPRENEURSHIP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI RUANG. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(4), 1174-1188.

Supriadi, S., Hidayani, H., Rusani, I., & Trisnawati, N. F. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Langkah-langkah Polya di Tinjau dari Adversity Quotient Tipe Campers dan Tipe Quitters. AdMathEdu, 11(1), 73-86.

Syahira, J. (2024). Identifikasi Kesulitan Siswa Tunarungu Dalam Menyelesaikan Penjumlahan Bersusun Di SLB Siti Hajar. MJPM, 2(2), 857–865. https://doi.org/10.60126/maras.v2i2.291

Trisnawati, N. F., & Sundari, S. (2020). Efektifitas Model Problem Based Learning dan Model Group Investigation dalam Meningkatkan Karakter Anti Korupsi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 203-214.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 545. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311

Wahyuni, N., & Guru, P. (2024). Analisis Kesulitan Belajar siswa dalam memahami Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bersusun ( Studi pada Peserta didik Kelas II Sekolah Dasar ). 5, 197–201.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Mahendra, F. E., Phricilia, R., Anwar, Z., Sulistyowati, F., & Rumalean, L. (2025). ANALISIS KESULITAN SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN PENJUMLAHAN BERSUSUN. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 3(1), 45–57. https://doi.org/10.33506/jme.v3i1.4029

Most read articles by the same author(s)