Strategi Penguatan Karakter Gotong Royong Melalui Tema Berkebhinekaan Global Pada Peserta Didik SD Negeri Joglo 76 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.33506/jn.v11i1.4150Kata Kunci:
Gotong Royong, Penguatan Karakter, Strategi, ZDPAbstrak
Keterbatasan interaksi pada masa pandemi dan fenomena learning loss melahirkan transformasi karakter gotong royong peserta didik. Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), strategi diperlukan untuk optimalisasi capaian dimensi karakter dan tujuan pembelajaran. Berbasis metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus dengan teori Zone of Proximal Development (ZPD) Vygotsky, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi yang diterapkan sekolah dan guru dalam penguatan karakter gotong royong dengan P5 Tema Berkebhinekaan Global. Data diambil dan dianalisis menggunakan teknik purposive sampling melalui analisis Miles dan Huberman, penelitian ini melibatkan Wakil Kepala Bidang Kurikulum sebagai perancang kegiatan P5, tim fasilitator dan guru penggerak sebagai penanggung jawab P5 serta peserta didik sebagai subjek pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru, teman sebaya, dan orang tua terlibat aktif dalam implementasi strategi penguatan gotong royong. Strategi ini diwujudkan melalui perencanaan tema dan pemetakan projek, pemberian bantuan (scaffolding) serta pengurangan intensitas scaffolding, dan evaluasi dengan analisis diferensiasi bantuan untuk mendorong peserta didik mencapai potensi gotong royong secara aktual.
Referensi
Alghadari, F., Sudirman, S., & Kurniasi, E. R. (2022). Keterlibatan berpikir siswa: Status “ada” dalam pembelajaran. Eureka: Journal of Educational Research, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.56773/ejer.v1i1.5
Atris Yuliarti Mulyani. (2022). Pengembangan Critical Thinking Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 100–105. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i1.226
Azizah Siti Lathifah, Khoirunisa Hardaningtyas, Pratama, Z. A., & Moewardi, I. (2024). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 36–42. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2233
Azzahra, L., & Darmiyanti, A. (2024). Peran Psikologi Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di Kelas untuk Peserta Didik yang Beragam. Jurnal Psikologi, 1(4), 23. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2661
Dewi, A. (2024). Implementasi Program Excellent Character dalam Upaya Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 5(2), 160–174. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.836
Faridatus Sania, N., Meganesia, V., Hidayah, S. R., Pebrian, M., Kiptiyah, S. M., & Semarang, U. N. (2024). Analisis Karakter Gotong Royong Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Siswa Kelas IV di SDN Tugurejo 03 Semarang. Analisis Karakter Gotong Royong, 2(5), 484–490.
Hariana, K. (2021). Vygotsky’s Sociocultural Theory Constructivism in Art Education. EJ: Education Journal, 2(1), 48–59.
HU, M. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar pada Lembaga Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 65–70. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.2033
Insani, H. N. (2025). Strategi Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa pada Anak Usia Dini Pemalu Melalui Pendekatan Teori Zona Perkembangan Proksimal ( ZPD ) Vygotsky. 2, 1–14.
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Apriliani, D., Husna, M., Azahra, R., & Zahra, V. N. (2023). Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Mengatasi Learning Loss yang Terjadi di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3558–3568.
Janaris, A., Syamsudduha, S., & Jamilah. (2024). Pengaruh Penerapan Teori Vygotsky Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kabupaten Sumbawa Besar. Pinsipi Journal of Education, 4(2), 254–261.
Kurniati, E. (2024). Teori Sosiokultural Vygotsky untuk Anak Usia Dini. 1(1), 19–24.
Maulida, I., Lestari, E. A., & Sari, C. K. (2024). Pemahaman teori pendidikan dalam kontemporer : Sebuah kajian literatur konteks pendidikan. 1(2), 146–156.
Muhammad, I., Darmayanti, R., Sugianto, R., & Choirudin. (2023). Teori Vygotsky: Kajian bibliometrik penelitian cooperative learning di sekolah dasar (1987-2023). Bulletin of Educational Management and Innovation, 1(2), 81–98. https://doi.org/10.56587/bemi.v1i2.78
Noviani, D., & Arjaya, R. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Permainan pada Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.
Payong, M. R. (2020). Available online at: http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jpkm. 12(2), 164–178.
Pokhrel, S. (2024). teori vygotsky. Αγαη, 15(1), 37–48.
Qur, H. (2025). Pendekatan Konstruktifisme dalam Psikologi Belajar Berbasis Nilai-Nilai Islam. 6(1).
Ramadhan, I. (2023). Kurikulum Merdeka : Proses Adaptasi dan Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas. Journal of Education Research, 4(4), 1846–1853.
Rizky Yunazar, Alyssa Putri Aranssy, Della Putri Utami, Marcel Muhammad Irsandhi, & Widya Al Karimah. (2024). Strategi Adaptasi Program P5 dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Kota Surakarta. Jurnal Niara, 16(3), 467–478. https://doi.org/10.31849/niara.v16i3.18116
Rusmana, D. (2020). Pengaruh Keterampilan Digital Abad 21 Pada Pendidikan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kompetensi Kewirausahaan Peserta Didik Smk. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 17. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n1.p17-32
Sistia, N., Putri, E., Setiani, F., Sandy, D. M., & Fath, A. (2023). Building Character Education Based On The Merdeka Curriculum Towards Society Era 5.0. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 194–201.
S.Sos, I. (2023). Differentiated Learning in Constructivism Theory on The Entrepreneurship Projects. Jurnal Pendidikan, 32(1), 63–74. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3353
Tohari, B., & Rahman, A. (2024). Konstruktivisme Lev Semonovich Vygotsky dan Jerome Bruner: Model Pembelajaran Aktif dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 209–228.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Widya Al Karimah, Siany Indria Liestyasari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








