Strategi Penguatan Karakter Gotong Royong Melalui Tema Berkebhinekaan Global Pada Peserta Didik SD Negeri Joglo 76 Surakarta

Penulis

  • Widya Al Karimah Universitas Sebelas Maret
  • Siany Indria Liestyasari Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v11i1.4150

Kata Kunci:

Gotong Royong, Penguatan Karakter, Strategi, ZDP

Abstrak

Keterbatasan interaksi pada masa pandemi dan fenomena learning loss melahirkan transformasi karakter gotong royong peserta didik. Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), strategi diperlukan untuk optimalisasi capaian dimensi karakter dan tujuan pembelajaran. Berbasis metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus dengan teori Zone of Proximal Development (ZPD) Vygotsky, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi yang diterapkan sekolah dan guru dalam penguatan karakter gotong royong dengan P5 Tema Berkebhinekaan Global.  Data diambil dan dianalisis menggunakan teknik purposive sampling melalui analisis Miles dan Huberman, penelitian ini melibatkan Wakil Kepala Bidang Kurikulum sebagai perancang kegiatan P5, tim fasilitator dan guru penggerak sebagai penanggung jawab P5 serta peserta didik sebagai subjek pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru, teman sebaya, dan orang tua terlibat aktif dalam implementasi strategi penguatan gotong royong. Strategi ini diwujudkan melalui perencanaan tema dan pemetakan projek, pemberian bantuan (scaffolding) serta pengurangan intensitas scaffolding, dan evaluasi dengan analisis diferensiasi bantuan untuk mendorong peserta didik mencapai potensi gotong royong secara aktual.

Referensi

Alghadari, F., Sudirman, S., & Kurniasi, E. R. (2022). Keterlibatan berpikir siswa: Status “ada” dalam pembelajaran. Eureka: Journal of Educational Research, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.56773/ejer.v1i1.5

Atris Yuliarti Mulyani. (2022). Pengembangan Critical Thinking Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 100–105. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i1.226

Azizah Siti Lathifah, Khoirunisa Hardaningtyas, Pratama, Z. A., & Moewardi, I. (2024). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 36–42. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2233

Azzahra, L., & Darmiyanti, A. (2024). Peran Psikologi Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di Kelas untuk Peserta Didik yang Beragam. Jurnal Psikologi, 1(4), 23. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2661

Dewi, A. (2024). Implementasi Program Excellent Character dalam Upaya Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 5(2), 160–174. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.836

Faridatus Sania, N., Meganesia, V., Hidayah, S. R., Pebrian, M., Kiptiyah, S. M., & Semarang, U. N. (2024). Analisis Karakter Gotong Royong Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Siswa Kelas IV di SDN Tugurejo 03 Semarang. Analisis Karakter Gotong Royong, 2(5), 484–490.

Hariana, K. (2021). Vygotsky’s Sociocultural Theory Constructivism in Art Education. EJ: Education Journal, 2(1), 48–59.

HU, M. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar pada Lembaga Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 65–70. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.2033

Insani, H. N. (2025). Strategi Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa pada Anak Usia Dini Pemalu Melalui Pendekatan Teori Zona Perkembangan Proksimal ( ZPD ) Vygotsky. 2, 1–14.

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Apriliani, D., Husna, M., Azahra, R., & Zahra, V. N. (2023). Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Mengatasi Learning Loss yang Terjadi di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3558–3568.

Janaris, A., Syamsudduha, S., & Jamilah. (2024). Pengaruh Penerapan Teori Vygotsky Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kabupaten Sumbawa Besar. Pinsipi Journal of Education, 4(2), 254–261.

Kurniati, E. (2024). Teori Sosiokultural Vygotsky untuk Anak Usia Dini. 1(1), 19–24.

Maulida, I., Lestari, E. A., & Sari, C. K. (2024). Pemahaman teori pendidikan dalam kontemporer : Sebuah kajian literatur konteks pendidikan. 1(2), 146–156.

Muhammad, I., Darmayanti, R., Sugianto, R., & Choirudin. (2023). Teori Vygotsky: Kajian bibliometrik penelitian cooperative learning di sekolah dasar (1987-2023). Bulletin of Educational Management and Innovation, 1(2), 81–98. https://doi.org/10.56587/bemi.v1i2.78

Noviani, D., & Arjaya, R. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Permainan pada Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.

Payong, M. R. (2020). Available online at: http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jpkm. 12(2), 164–178.

Pokhrel, S. (2024). teori vygotsky. Αγαη, 15(1), 37–48.

Qur, H. (2025). Pendekatan Konstruktifisme dalam Psikologi Belajar Berbasis Nilai-Nilai Islam. 6(1).

Ramadhan, I. (2023). Kurikulum Merdeka : Proses Adaptasi dan Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas. Journal of Education Research, 4(4), 1846–1853.

Rizky Yunazar, Alyssa Putri Aranssy, Della Putri Utami, Marcel Muhammad Irsandhi, & Widya Al Karimah. (2024). Strategi Adaptasi Program P5 dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Kota Surakarta. Jurnal Niara, 16(3), 467–478. https://doi.org/10.31849/niara.v16i3.18116

Rusmana, D. (2020). Pengaruh Keterampilan Digital Abad 21 Pada Pendidikan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kompetensi Kewirausahaan Peserta Didik Smk. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 17. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n1.p17-32

Sistia, N., Putri, E., Setiani, F., Sandy, D. M., & Fath, A. (2023). Building Character Education Based On The Merdeka Curriculum Towards Society Era 5.0. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 194–201.

S.Sos, I. (2023). Differentiated Learning in Constructivism Theory on The Entrepreneurship Projects. Jurnal Pendidikan, 32(1), 63–74. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3353

Tohari, B., & Rahman, A. (2024). Konstruktivisme Lev Semonovich Vygotsky dan Jerome Bruner: Model Pembelajaran Aktif dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 209–228.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-03

Cara Mengutip

Al Karimah, W., & Liestyasari, S. I. (2025). Strategi Penguatan Karakter Gotong Royong Melalui Tema Berkebhinekaan Global Pada Peserta Didik SD Negeri Joglo 76 Surakarta. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1), 61–72. https://doi.org/10.33506/jn.v11i1.4150

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.