Evaluasi dan Perancangan Model Bisnis Usulan Fibo School Menggunakan Business Model Canvas

Penulis

  • Grannisa Nurul Adawiyah Universitas Telkom Bandung
  • Farda Hasun Universitas Telkom Bandung
  • Muhammad Almaududi Pulungan Universitas Telkom Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33506/mt.v11i1.3731

Kata Kunci:

Kecerdasan buatan, Biaya tambahan, Business model canvas, Fibo school, Kemitraan

Abstrak

Fibo School adalah produk sistem manajemen pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence. Sejak diluncurkan hingga saat ini, jumlah pengguna produk Fibo School masih sangat rendah. Akar permasalahan dari rendahnya jumlah pengguna adalah sumber daya manusia, produk, promosi, dan proses serta kemitraan. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengevaluasi dan merancang model bisnis usulan dengan menggunakan Business Model Canvas. Data yang dibutuhkan adalah data model bisnis eksisting, data profil pelanggan, dan data lingkungan bisnis. Evaluasi model bisnis eksisting dilakukan dengan menganalisis 7 pertanyaan dan analisis SWOT untuk mendapatkan usulan strategi. Beberapa usulan perbaikan yang dilakukan adalah memfokuskan segmentasi pasar ke lembaga pendidikan swasta di Provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta, membuat materi dan evaluasi peserta didik sesuai dengan kurikulum, menyediakan paket berlangganan yang bervariasi, dan membangun kemitraan untuk membantu pengembangan produk dan pemasaran. Selain itu, simulasi keuangan dilakukan untuk menghitung dampak keuangan dari perubahan model bisnis yang diusulkan. Jika peningkatan 25 pelanggan dapat diperoleh pada tahun pertama setelah implementasi model bisnis yang diusulkan, dengan peningkatan penjualan sebesar 20% pada tahun berikutnya, maka perubahan model bisnis akan memberikan nilai IRR yang lebih besar dari MARR sebesar 11,30% dan nilai NPV yang lebih besar dari nol.

Referensi

Abidin, M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) Untuk Mendukung Pembelajaran Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Krembung Sidoarjo. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah (JMI), 2(1), 88–95.

Fielt, E. (2014). Conceptualising Business Models: Definitions, Frameworks, and Classifications.

Journal of Business Models, 1(1), 85–105.

Manongga, D., Rahardja, U., Sembiring, I., Lutfiani, N., & Yadila, A. (2022). RETRACTED (Di Tarik) : Dampak Kecerdasan Buatan Bagi Pendidikan. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 110– 124.

Osterwalder, A., & Bland, D. J. (2020). Testing Business Ideas. Elex Media Komputindo. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2019). Business Model Generation. PT Elex Media Komputindo. Osterwalder, A., Pigneur, Y., Gregory, B., & Smith, A. (2014). Value Proposition Design: How to

Create Products and Services Customers Want. John Wiley & Sons.

Rachmi, Surachman, A., Putri, D., Nugroho, A., & Salfin. (2024). Transformasi Pendidikan di Era Digital Tantangan dan Peluang. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 52–63.

Rangkuti, F. (2018). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Rifky, S., Kharisma, L., Afendi, A., Zulfa, I., Napitupulu, S., Ulina, M., Lestari, W., & Sinaga, F. (2024). Artificial Intelligence (Teori dan Penerapan AI di Berbagai Bidang). PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Wibawa, F., & Pritandhari, M. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Diterbitkan

31-03-2025

Cara Mengutip

Adawiyah, G. N., Hasun, F., & Pulungan, M. A. (2025). Evaluasi dan Perancangan Model Bisnis Usulan Fibo School Menggunakan Business Model Canvas. Metode : Jurnal Teknik Industri, 11(1), 51–65. https://doi.org/10.33506/mt.v11i1.3731

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.