EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK DI FISIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG: PERSPEKTIF MAHASISWA SEBAGAI PENGGUNA LAYANAN
DOI:
https://doi.org/10.33506/pjcs.v7i2.4491Keywords:
efektivitas, pelayanan administrasi, mahasiswa, layanan akademikAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis efektivitas pelayanan administrasi akademik di Fisip Universitas Muhammadiyah Sorong dari perspektif mahasiswa sebagai pengguna layanan. Layanan administrasi akademik memiliki peran penting dalam mendukung kelancaran proses pendidikan tinggi, terutama dalam hal pengurusan KRS, KHS, surat-menyurat akademik, dan informasi perkuliahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 mahasiswa dari berbagai fakultas secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa menilai layanan administrasi masih belum sepenuhnya efektif, terutama dalam aspek kecepatan pelayanan, akurasi informasi, dan kemudahan akses. Namun, responden juga mengapresiasi keramahan petugas serta adanya sistem pelayanan berbasis digital yang mulai diterapkan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pihak universitas untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi akademik secara menyeluruh agar tercipta pelayanan yang prima dan berorientasi pada kepuasan pengguna.
References
Al-Zasiah, A.-Z., Hildayanti, S. K., & Yeni. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan biro administrasi akademik terhadap kepuasan mahasiswa (Studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indo Global Mandiri Palembang). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 10(2), 1084–1097. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2267
Antonius, A. (2020). Kualitas layanan administrasi akademik di Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2020.006.01.11
Haris, U., Syahruddin, S., & Syukron, N. (2023). Kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Societas: Jurnal Ilmu Administrasi dan Sosial, 12(2), 403–420. https://doi.org/10.35724/sjias.v12i2.5121
Kurniasih, E. T., Wiarta, I., Hierdawaty, T., Amrizal, A., & Dani, R. (2022). Persepsi mahasiswa terhadap pelayanan biro administrasi akademik, kemahasiswaan, dan sistem informasi (BAAKSI) Universitas Muhammadiyah Jambi. Jurnal Development, 10(1), 10–21. https://jurnal.umjambi.ac.id/index.php/JD/article/view/191
Muridan, & Asmaya, E. (2024). Kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik berbasis online. Amerta Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(3), 93–106. https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/amerta/article/view/371
Muflihin, M. H. (2023). Kualitas layanan di perguruan tinggi: Pengaruh fasilitas dan layanan administrasi akademik terhadap layanan perkuliahan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 3766–3771. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6301
Panggabean, S., Kamil, M., & Mulyadi, E. (2020). Pengaruh pelayanan administrasi akademik dan iklim organisasi terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tangerang. Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.33592/perspektif.v2i2.671
Tuerah, F. F. R., Mananeke, L., & Tawas, H. N. (2015). Analisis kualitas layanan akademik dan administrasi terhadap kepuasan mahasiswa. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(4), 395–408. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/10920
Widodo, J. (2017). Administrasi publik: Teori dan praktik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Yuliawan, R. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan pegawai administrasi akademik terhadap kepuasan mahasiswa. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(2), 126–134. https://doi.org/10.26533/eksis.v12i2.102
Anggraini, W., Kusumanto, I., Permata, E. G., & Yola, M. (2020). Lean services untuk perbaikan pelayanan administrasi akademik di universitas. Jurnal Teknik Industri, 6(1), 1–12. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jti/article/view/5246
Along, A. (2020). Kualitas layanan administrasi akademik di Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2020.006.01.11
Anisah, A., Santoso Haryono, B., & Mindarti, L. I. (2020). Kualitas pelayanan administrasi akademik di perguruan tinggi (Studi pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 6(2), 7–18. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2020.006.02.7
Kurniasih, E. T., Wiarta, I., Hierdawaty, T., Amrizal, A., & Dani, R. (2022). Persepsi mahasiswa terhadap pelayanan biro administrasi akademik, kemahasiswaan, dan sistem informasi (BAAKSI) Universitas Muhammadiyah Jambi. Jurnal Development, 10(1), 10–21. https://jurnal.umjambi.ac.id/index.php/JD/article/view/191
Muflihin, M. H. (2023). Kualitas layanan di perguruan tinggi: Pengaruh fasilitas dan layanan administrasi akademik terhadap layanan perkuliahan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 3766–3771. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6301

Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
Papua Journal of Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License