Transformasi Pembelajaran Geometri dan Pengukuran melalui Gamifikasi: Meningkatkan Kreativitas, Logika dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Andi Marshanawiah Universitas Negeri Gorontalo
  • Gamar Abdullah Universitas Negeri Gorontalo
  • Meylan Saleh Universitas Negeri Gorontalo
  • Nurfadliah Universitas Negeri Gorontalo
  • Rifda Mardian Arif Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v7i2.4626

Kata Kunci:

Logika, Minat Belajar, Gamifikasi, Geometri dan Pengukuran

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, logika dan minat belajar siswa di SDN 11 Kota Barat Kota Gorontalo melalui penerapan gamifikasi dalam pembelajaran geometri dan pengukuran. Pembelajaran konvensional yang monoton seringkali membuat siswa kurang termotivasi dan kesulitan memahami materi, khususnya geometri dan pengukuran. Oleh karena itu, gamifikasi dipilih sebagai solusi untuk meningkatkan motivasi dan membuat pembelajaran lebih menarik dan efektif.

Metode yang digunakan mencakup pelatihan guru dalam penggunaan gamifikasi, pengembangan media berbasis permainan edukatif, serta implementasi langsung di kelas. Siswa dilibatkan dalam permainan yang mengintegrasikan konsep-konsep geometri dan pengukuran untuk meningkatkan pemahaman mereka secara interaktif. Evaluasi menunjukkan bahwa penerapan gamifikasi berhasil meningkatkan minat belajar, memperkuat pemahaman materi, serta mendorong siswa untuk lebih aktif. Selain itu, gamifikasi juga merangsang kreativitas dan kemampuan logika siswa dalam menyelesaikan tantangan terkait materi. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa gamifikasi tidak hanya meningkatkan minat dan keterlibatan siswa, tetapi juga memperbaiki pemahaman mereka terhadap materi yang sulit. Kegiatan ini memberikan kontribusi positif dalam menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan serta dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar.

Kata kunci: Kreativitas, Logika, Minat Belajar, Gamifikasi, Geometri dan Pengukuran

Referensi

Jaftha, N., & Chircop, T. (2022). Students’ Learning and Gaming Preferences and their Expectations of Gamification. MCAST Journal of Applied Research & Practice. https://doi.org/10.5604/01.3001.0015.8191

Komariah, I., & Sundayana, R. (2017). Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Media Domat. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.455

Kovshova, Y., & Yarovaya, Y. A. (2022). Gamification as a means of activating the cognitive interest of schoolchildren in the process of integrating mathematics with other subjects. KANT. https://doi.org/10.24923/2222-243x.2022-44.49

Permata, C. A. M., & Kristanto, Y. D. (2020). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. https://doi.org/10.33603/JNPM.V4I2.3877

Razak, A., Ramdan, M., Mahjom, N., Zabit, M. N. M., Muhammad, F., Hussin, M. R., & Abdullah, N. (2022). Improving Critical Thinking Skills in Teaching through Problem-Based Learning for Students: A Scoping Review. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.2.19

Sukiyanto, S., Kusumaningrum, B. Y., Anggreini, D., & Agustito, D. (2023). Pengaruh media pembelajaran matematika berbasis game edukasi kahoot pada pembelajaran tatap muka terbatas. Jurnal Karya Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.26714/jkpm.10.1.2023.21-26

Taşkin, N., & Kılıç Çakmak, E. (2022). Effects of Gamification on Behavioral and Cognitive Engagement of Students in the Online Learning Environment. International Journal of Human-Computer Interaction. https://doi.org/10.1080/10447318.2022.2096190

Weinstein, N. (2023). A Gamified Experiential Learning Intervention for Engaging Students Through Satisfying Needs. Journal of Educational Technology Systems. https://doi.org/10.1177/00472395231174614

Wong Mee Mee, R., Subba Rao, Y., Seong Pek, L., Abd Ghani, K., Yee Von, W., Ismail, Md. R., & Shahdan, T. S. T. (2022). Gamifying education for classroom engagement in primary schools. International Journal of Evaluation and Research in Education. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.21918

Wulandari, A. P., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-01

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.