Transformasi Pembelajaran Geometri dan Pengukuran melalui Gamifikasi: Meningkatkan Kreativitas, Logika dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33506/pjcs.v7i2.4626Kata Kunci:
Logika, Minat Belajar, Gamifikasi, Geometri dan PengukuranAbstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, logika dan minat belajar siswa di SDN 11 Kota Barat Kota Gorontalo melalui penerapan gamifikasi dalam pembelajaran geometri dan pengukuran. Pembelajaran konvensional yang monoton seringkali membuat siswa kurang termotivasi dan kesulitan memahami materi, khususnya geometri dan pengukuran. Oleh karena itu, gamifikasi dipilih sebagai solusi untuk meningkatkan motivasi dan membuat pembelajaran lebih menarik dan efektif.
Metode yang digunakan mencakup pelatihan guru dalam penggunaan gamifikasi, pengembangan media berbasis permainan edukatif, serta implementasi langsung di kelas. Siswa dilibatkan dalam permainan yang mengintegrasikan konsep-konsep geometri dan pengukuran untuk meningkatkan pemahaman mereka secara interaktif. Evaluasi menunjukkan bahwa penerapan gamifikasi berhasil meningkatkan minat belajar, memperkuat pemahaman materi, serta mendorong siswa untuk lebih aktif. Selain itu, gamifikasi juga merangsang kreativitas dan kemampuan logika siswa dalam menyelesaikan tantangan terkait materi. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa gamifikasi tidak hanya meningkatkan minat dan keterlibatan siswa, tetapi juga memperbaiki pemahaman mereka terhadap materi yang sulit. Kegiatan ini memberikan kontribusi positif dalam menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan serta dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar.
Kata kunci: Kreativitas, Logika, Minat Belajar, Gamifikasi, Geometri dan Pengukuran
Referensi
Jaftha, N., & Chircop, T. (2022). Students’ Learning and Gaming Preferences and their Expectations of Gamification. MCAST Journal of Applied Research & Practice. https://doi.org/10.5604/01.3001.0015.8191
Komariah, I., & Sundayana, R. (2017). Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Media Domat. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.455
Kovshova, Y., & Yarovaya, Y. A. (2022). Gamification as a means of activating the cognitive interest of schoolchildren in the process of integrating mathematics with other subjects. KANT. https://doi.org/10.24923/2222-243x.2022-44.49
Permata, C. A. M., & Kristanto, Y. D. (2020). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. https://doi.org/10.33603/JNPM.V4I2.3877
Razak, A., Ramdan, M., Mahjom, N., Zabit, M. N. M., Muhammad, F., Hussin, M. R., & Abdullah, N. (2022). Improving Critical Thinking Skills in Teaching through Problem-Based Learning for Students: A Scoping Review. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.2.19
Sukiyanto, S., Kusumaningrum, B. Y., Anggreini, D., & Agustito, D. (2023). Pengaruh media pembelajaran matematika berbasis game edukasi kahoot pada pembelajaran tatap muka terbatas. Jurnal Karya Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.26714/jkpm.10.1.2023.21-26
Taşkin, N., & Kılıç Çakmak, E. (2022). Effects of Gamification on Behavioral and Cognitive Engagement of Students in the Online Learning Environment. International Journal of Human-Computer Interaction. https://doi.org/10.1080/10447318.2022.2096190
Weinstein, N. (2023). A Gamified Experiential Learning Intervention for Engaging Students Through Satisfying Needs. Journal of Educational Technology Systems. https://doi.org/10.1177/00472395231174614
Wong Mee Mee, R., Subba Rao, Y., Seong Pek, L., Abd Ghani, K., Yee Von, W., Ismail, Md. R., & Shahdan, T. S. T. (2022). Gamifying education for classroom engagement in primary schools. International Journal of Evaluation and Research in Education. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.21918
Wulandari, A. P., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work

Papua Journal of Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

