Pengembangan Alat Penyaring Tahu Yang Ergonomis Menggunakan Metode EFD
DOI:
https://doi.org/10.33506/system.v1i02.2272Kata Kunci:
EFD, UKM, Matrik Of ErgonomicAbstrak
Tahap penyaringan tahu pada (UKM) Koperasi Mandiri masih dilakukan manual sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan alat penyaring tahu yang ergonomis, agar mempermudah dan mengurangi waktu proses penyaringan serta dapat meningkatkan jumlah produksi perhari. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuisioner, dokumentasi dan studi literatur. Ergonomic Function Deployment (EFD) merupakan pengembangan dari Quality Function Deployment (QFD) yaitu dengan menambahkan hubungan baru antara keinginan konsumen dan aspek ergonomi produk. Hubungan ini akan melengkapi bentuk matrik House of Quality yang juga menterjemahkan ke dalam aspek-aspek ergonomi yang diinginkan. Matrik House of Quality yang digunakan pada EFD dikembangkan menjadi matrik House of Ergonomic yang disempurnakan dengan pendekatan antropometri. dari hasil uji validitas nilai tersebut sebesar 0,917 dan reliabilitas didapatkan nilai cronchbach''s alpha 0,923, pengolahan data EFD hasil dari total nilai hasil menentukan tingkat kepentingan konsumen yaitu 39,83 dan nilai hasil dari total menentukan tingkat kepuasan konsumen 40,33, hasil terbesar dari nilai total rasio perbaikan sebesar 8,97, hasil dari nilai total raw weight sebesar 59,5 dan hasil dari nilai normalized raw weight sebesar 1, Dari pengolahan metode Ergonomic Function Deployment, variabel yang menjadi prioritas perancangan produk yaitu alat penyaring tahu yang ergonomis dengan ukuran tinggi 165cm x lebar 76,59 cm dan panjang 75,07 cm, menggunakan mesin penggerak otomatis dan mesin untuk memompa air, Membantu pekerja menghasilkan produksi lebih cepat dan dapat menghindari cedera pekerja akibat tumpahan air tahu yang panas.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Delvin Ramadhani; Sanny Hahury, Masniar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.