Evaluasi Kebijakan Pelayanan SIPRAJA: Studi Kasus di Desa Damarsi, Kabupaten Sidoarjo

Penulis

  • Catharina Irene Pesica Kristanto Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Ertien Rining Nawangsari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v10i1.3211

Kata Kunci:

Evaluasi Kebijakan, Pelayanan Publik, Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA)

Abstrak

Pemanfaatan e-government telah diamanatkan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dengan menghadirkan inovasi pelayanan publik berbasis android dan website yaitu SIPRAJA. Layanan ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan mendasar masyarakat Sidoarjo, dengan prosesnya lebih cepat, mudah, murah, dan memuaskan warga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi kebijakan pada SIPRAJA dalam pelayanan publik di Desa Damarsi, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan penelusuran data online. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian, Secara efektivitas, terjadi penurunan penggunaan SIPRAJA dan memiliki kendala teknis seperti kelambatan sistem, kendala pada pendaftaran, dan keterbatasan penggunaan teknologi, yang menyebabkan belum tercapainya efektivitas optimal. Efisiensi pengurusan administrasi kependudukan terlihat berhasil dikarenakan minimnya upaya yang diperlukan dari perangkat desa dan masyarakatnya. Pemerataan dinyatakan telah berhasil yang dikarenakan terjadinya pemerataan akses, pelayanan, biaya dan manfaat. Responsivitas pada penerapan SIPRAJA terlihat berhasil yang dikarenakan memiliki pelayanan yang responsif dengan interaksi positif antara pegawai dengan masyarakat. Ketepatan dinyatakan berhasil namun memerlukan penyesuaian dan perbaikan lebih lanjut.

Kata kunci: Evaluasi Kebijakan, Pelayanan Publik, Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA)

Referensi

Dunn, W. (2018). Public Policy Analysis (6th ed.). Routledge.

Musaddad, A. A., Ahzani, W. K. F., Susilowati, M., & Arif, L. (2020). Implementasi Sistem Pelayanan Rakyat SIdoarjo (SIPRAJA) Sebagai Inovasi Pelayanan Publik. Jurnal Syntax Transformation, 1(6), 206–213.

Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 46 Tahun 2018 Tentang Tata Kelola Teknologi Informasi Dan Komunikasi Menuju Smart City Di Kabupaten Sidoarjo., (2018).

Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, (2018).

Pesisirbaratkab.go.id. (n.d.). Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). https://pesisirbaratkab.go.id/spbe/tentang, diakses 22 Oktober 2023.

Sidoarjokab.go.id. (2019). Bupati Sidoarjo Launching “SIPRAJA” Layanan Online Android Tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan. Sidoarjokab.Go.Id. diakses 11 Agustus 2022.

Sidoarjokab.go.id. (2021). Masuk Top 30, Inovasi SiPraja Sidoarjo Bakal Direplikasi ke Seluruh Jatim. Sidoarjokab.Go.Id.https://www.sidoarjokab.go.id/masuk-top-30-inovasi-sipraja-sidoarjo-bakal-direplikasi-ke-seluruh-jatim. Diakses 11 Agustus 2022.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.

Surat Edaran Bupati Sidoarjo Nomor 130/4522/438.1.1.1/2020 tentang Pelayanan dan Perijinan Desa serta Kecamatan di Kabupaten SidoarjoKabupaten Sidoarjo, (2020).

Syafiie, I. K. (2016). Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia (10th ed.). PT Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, (2009).

Yulianti, T., Soesiantoro, A., & Putri, S. S. (2022). Implementasi Kebijakan Publik Melalui Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo Di Desa Tambak Sumur. Seminar Nasional 2022 “Transformasi Digital Dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Pasca Pandemi,” 1. https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/snhs/article/download/1076/537/1821

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Pesica Kristanto, C. I., & Nawangsari, E. R. (2024). Evaluasi Kebijakan Pelayanan SIPRAJA: Studi Kasus di Desa Damarsi, Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 149–158. https://doi.org/10.33506/jn.v10i1.3211

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.