Pendidikan Nilai-Nilai Sosial Budaya Lokal sebagai Upaya Menanamkan Toleransi pada Siswa SD Muhammadiyah 1 Kota Sorong

Authors

  • Uswatul Mardliyah Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Siti Nurul Nikmatul Ula Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Masni Banggu Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Bustamin Wahid Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Kamaluddin Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Lukman Rais Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Abu Bakar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muh. Mawardi Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v7i2.4452

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pendidikan nilai-nilai sosial budaya lokal dalam menanamkan sikap toleransi kepada siswa di SD Muhammadiyah 1 Kota Sorong. Dalam konteks masyarakat multikultural seperti Kota Sorong, pendidikan yang mengangkat kearifan lokal menjadi strategi penting dalam membentuk karakter peserta didik yang mampu hidup rukun dalam keberagaman. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai sosial budaya lokal—seperti gotong royong, musyawarah, dan saling menghargai dalam kegiatan pembelajaran dan kehidupan sekolah berdampak positif terhadap peningkatan sikap toleransi siswa. Selain itu, dukungan guru, lingkungan sekolah, dan keterlibatan orang tua turut memperkuat internalisasi nilai-nilai tersebut. Dengan demikian, pendidikan berbasis budaya lokal efektif sebagai sarana membangun harmoni dan menghargai perbedaan sejak usia dini.

References

Daftar Pustaka

Afandi, A., Chamalah, E., & Wardani, D. K. (2017). Pengembangan pendidikan karakter melalui budaya sekolah dan pembelajaran. Pustaka Rizki Putra.

Aziz, S. A. (2018). Integrasi nilai-nilai lokal dalam pembelajaran untuk menumbuhkan sikap toleransi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 145–158. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21123

Fitriyani, L., & Sunarto. (2021). Pendidikan nilai dalam perspektif kearifan lokal: Membangun karakter bangsa melalui pendidikan dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 26(3), 381–393. https://doi.org/10.24832/jpnk.v26i3.421

Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Pembelajaran tematik terintegrasi. Kata Pena.

Lestari, R. A., & Hapsari, M. A. (2019). Peran guru dalam menanamkan nilai-nilai toleransi pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 67–76. https://doi.org/10.21009/jpd.101.08

Mulyasa, E. (2018). Penguatan pendidikan karakter di sekolah. Remaja Rosdakarya.

Ningsih, D., & Wibowo, A. (2020). Pendidikan multikultural berbasis nilai budaya lokal dalam membentuk karakter toleran peserta didik. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 345–356. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.30650

Nurhayati, E. (2017). Membangun toleransi melalui pendidikan karakter berbasis budaya lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 32(1), 12–20.

Susanto, H. (2021). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 45–52.

Yamin, M. (2015). Desain pembelajaran karakter: Konsep dan aplikasi. Gaung Persada Press.

Published

2025-07-16

Most read articles by the same author(s)